Indahnya setiap langkah dalam berbagi


Rabu, 14 Maret 2012

AWAL KESUKSESAN


Kenali Bekal Sukses Anda


Bekal Penting Sukses

All personal breakthroughs begin with a change in beliefs.

Semua pencapaian manusia dimulai dengan adanya perubahan dalam keyakinan mereka. Perubahan dalam apa yang selama ini mereka percayai tetapi yang ternyata tidak membawa hasil yang baik. 
~  A nthony Robbins ~ 
Semua orang bisa merasakan kesuksesan, kekayaan dan kebahagiaan yang mereka cari bila mereka memiliki satu bekal penting ini. Bekal penting sukses yang telah disertakan Tuhan ketika manusia dikirim ke alam manusia ini. Bekal penting sukses yang tidak perlu dibeli dan sudah dimiliki semua orang sejak lahir. 

Namun sayangnya, banyak hal dalam kehidupan ini yang kemudian merusak bekal murni dari Tuhan ini sehingga hanya beberapa tahun dari umur kebanyakan manusia di dunia, mereka sudah kehilangan bekal penting sukses tersebut sama sekali. Paling tidak kebanyakan manusia-lah. 

Ada sebagian manusia yang masih bisa mempertahankan bekal penting untuk sukses dan kaya mereka ini, dan akibatnya mereka masih bisa menjalani kehidupan mereka dengan lebih mudah dan menyenangkan.
"Apa sih bekal penting sukses yang Anda bicarakan ini?" Mungkin begitu tanya Anda.
Baik, silahkan tulis ini dalam buku catatan Anda, ya. 

Keyakinan Anda = bekal penting hidup Anda 
Bekal penting untuk sukses dan kaya ini adalah sesuatu yang kita sebut "beliefs" atau keyakinan atau kepercayaan kita akan sesuatu. 
Manusia terlahir dengan sudah dibekali "beliefs" atau keyakinan yang antara lain: 
  • mempercayai bahwa Tuhan menyayangi mereka.
  • mempercayai Tuhan sebagai sumber dari segalanya, dan karenanya mereka hanya tinggal meminta kepada-Nya bila menginginkan sesuatu.
  • mempercayai bahwa mereka dikirim ke dunia dengan tujuan menjadi makhluk yang terbaik, menunaikan tugas sempurna untuk "menjaga" alam raya ini.
  • dan karenanya mempercayai bahwa mereka memiliki kemampuan melakukan yang terbaik untuk menjadi "pemimpin" dunia ini.
  • mempercayai bahwa mereka mempunyai potensi yang luar biasa yang disertakan oleh Tuhan untuk mencapai apapun yang menjadi cita-cita mereka.
  • mempercayai bahwa kehidupan ini adalah sebuah berkah yang indah, bukan sebuah cobaan penuh penderitaan.
  • mempercayai bahwa tidak ada yang tidak mungkin.


Saya akan sebut semua keyakinan positif di atas dan yang lain yang senada dengannya sebagai mentalitas sukses atau positive programming. Artinya, Anda dari awal sudah diprogram Sang Pencipta untuk sukses.
Dan semua manusia terlahir di dunia dibekali dengan program positif ini agar mereka bisa sukses dalam hidupnya. Sama seperti WindowsXP atau Vista sebagai operating system komputer yang Anda pilih sudah pasti dibekali dengan program Microsoft Office agar Anda bisa gunakan untuk mengerjakan tugas kantor sehari-hari.

Belajar sukses dari anak-anak
Bagaimana kita tahu bahwa "beliefs" positif semacam ini adalah "bekal" yang sudah dibawa semua orang dari lahir?
Mudah sekali, lihat saja anak-anak, anak-anak kita sendiri, anak orang lain, dari suku apapun, dari negara manapun, pokoknya anak-anak.
Anak-anak bisa dikatakan adalah bentuk paling dekat manusia dengan pencipta-Nya, ketika secara naluriah mereka masih "ingat" apa yang telah dipesankan Sang Pencipta kepada mereka sebelum lahir ke dunia. 
Lihat saja betapa makhluk-makhluk kecil yang masih murni ini menunjukkan adanya hampir semua keyakinan positif atau "positive beliefs" di atas, dalam setiap tindak-tanduk mereka, ucapan mereka, yang semua diakibatkan oleh pikiran mereka yang masih "murni". 

Tanya seorang anak tentang cita-cita mereka, maka jawabannya bisa jadi akan "setinggi langit", yang mungkin tidak sesuai dengan kenyataan bila dilihat oleh kacamata dewasa.
Anak-anak menerima diri mereka apa adanya tanpa pernah merisaukan penampilan mereka.
Beri seorang anak komik Batman atau Superman, maka mereka akan berpikir bahwa mereka bisa terbang.
Tanya seorang anak, apa yang harus mereka lakukan bila menginginkan sesuatu, maka jawabannya kebanyakan pasti minta kepada orangtua mereka.
(Orangtua adalah bagaikan perwakilan Tuhan di dunia untuk anak-anak mereka).
 Tanya seorang anak apakah mereka pernah sekalipun tiba-tiba terhenyak sadar, cemas dan khawatir karena takut tidak tahu besok harus makan apa.
Tanya seorang anak apakah mereka pernah panik dan takut karena tidak memiliki uang.
Coba kalau Anda sedang ada masalah, tanya anak-anak apa jalan keluar untuk masalah tersebut, dan Anda pasti akan dibuat termenung takjub akan jawaban yang mereka sodorkan. Jawaban atau solusi yang mungkin sederhana, tetapi sebenarnya cerdas dan sering terlewat oleh kita orang dewasa yang suka meng-complicate (memperumit) masalah.
Coba lihat berapa orang anak yang masih bisa tertawa gembira, riang tergelak-gelak, padahal baru berapa menit sebelumnya mereka berebut mainan dengan teman sampai menangis.
(Padahal, betapa sering kita dengar orang tua yang bermusuhan karena anak mereka saling berkelahi. Permusuhan antar keluarga yang bisa berlangsung sangat lama, padahal anak-anak mereka sudah kembali berbaikan hanya beberapa saat setelah pertengkaran.)
Anak-anak tidak mengenal konsep takut, benci, menyakiti, iri hati, dan sebagainya sampai orangtua (lingkungan) mereka mengenalkan pada mereka adanya konsep-konsep yang bisa membatasi ini.
Ya, manusia dari awalnya sebenarnya diprogram untuk menikmati hidup ini.
Mereka diprogram dengan program positif untuk sukses. Karena itu di awal masa hidupnya, ketika semua program tersebut masih baru, masih gres, manusia muda ini bisa memandang dunia dengan cara yang sangat berbeda dari kebanyakan orang dewasa.
Di mata anak-anak, dunia adalah tempat yang sangat "exciting, dengan jutaan kemungkinan yang bisa mereka raih".
Anak-anak sepenuh hati meyakini semua hal positif ini sehingga hidup mereka mudah.
Mereka sangat mempercayai orang dewasa di sekitar mereka dan yakin orang-orang tua ini akan menyediakan semua yang terbaik untuk mereka. (Walau sebagai manusia, sebenarnya para dewasa ini tidak mungkin bisa melakukannya terus).
Jadi kenapa kita tidak mengadopsi "attitude" yang sama dengan anak-anak tentang Tuhan?
Kenapa kadang keyakinan kita akan penjagaan, kasih dan keputusan yang terbaik dari Tuhan goyah hanya karena sebuah masalah?
Kenapa sering kita menyangka tidak ada jalan keluar, padahal "orangtua" kita adalah Sang Pencipta sendiri? 

Adults are always asking kids what they want to be when they grow up because they are looking for ideas.
Seringkali kita (orang dewasa) bertanya pada anak-anak tentang ingin jadi apa mereka kalau sudah besar nanti, karena sebenarnya di dalam lubuk hati kita, kita sedang mencari inspirasi dari mereka. Dari rasa yakin dan optimisme mereka serta dari keragaman imajinasi mereka.
~  P aula Poundstone ~ 

(Oh ya, yang saya bicarakan ini adalah anak-anak sampai usia tertentu saja, ya, anak-anak yang sampai batas tertentu masih murni belum banyak terpengaruh ajaran apapun dari orangtua dan lingkungannya.
Sayangnya, banyak sekali orangtua yang tidak membiarkan anak-anak mereka bertumbuh secara wajar sesuai dengan kodratnya sendiri, tetapi malah mencekoki mereka dengan berbagai ajaran yang justru mengikis bekal hidup penting yang telah disertakan Tuhan ini. 

Polusi keyakinan
Sayangnya, sebagaimana alam yang semula murni makin lama makin tercemar dengan banyaknya polutan, maka seiring bertambahnya umur manusia, seiring makin bertambahnya interaksi mereka dengan manusia lain yang belum tentu positif, seiring makin banyaknya pengalaman hidup mereka yang juga tidak selalu positif, lama-kelamaan semua keyakinan positif ini juga akan ikut terpolusi.
Dan Anda tahu siapa polutan terbesar anak-anak ini? Siapa yang bertanggung-jawab akan terkikisnya bekal penting untuk kehidupan yang kaya dan sukses semua manusia ini?
Jawabnya mudah sekali, yaitu mereka yang memiliki interaksi paling banyak dengan anak-anak ini pada masa pertumbuhan mereka.
Untuk sebagian besar anak pihak ini adalah orangtua mereka sendiri, baik orangtua kandung, ortu tiri, ortu angkat atau adopsi.
Untuk sebagian kecil anak yang ditakdirkan telah kehilangan orang tua mereka, pihak ini adalah siapapun yang menjadi wali yang bertanggung jawab merawat dan membesarkan mereka. Bisa jadi para kerabat atau sebuah institusi.
Bagi sebagian kecil lagi anak, yang kebetulan digariskan untuk mengarungi hidup seorang diri sedari dini, pihak ini adalah siapapun yang berada di lingkungan mereka, yang mempunyai interaksi cukup intens dengan si anak.
Ya, pihak-pihak terdekat dan paling berpengaruh untuk anak pada masa pertumbuhannya inilah yang justru menjadi "tersangka" utama penyebab hilangnya "bekal penting untuk kaya dan sukses seorang manusia".
Lebih lanjut, saya akan bahas bagaimana orangtua merusak pemrograman positif anak mereka sendiri, menghapus bekal penting sukses mereka di "Mentalitas miskin tanggung jawab orang tua".
Yang jelas, dunia boleh berputar. Dan kita harus terus bertumbuh dan berkembang. Tetapi jangan pernah lupakan satu bekal penting keyakinan akan semua yang positif, semua yang mungkin, semua yang indah, semua yang patut disyukuri ini.
Bekal penting sukses inilah yang akan membantu Anda menghadapi segala macam tantangan hidup dengan keceriaan, optimisme dan imajinasi akan jalan keluar ala anak-anak. Hidup benar akan terasa dan terlihat indah. 

Masih ingat kata-kata mutiara tentang pentingnya imajinasi berikut: 

The reality gives birth to the dream -- but the dream is where you are wanting to put your attention. 
Dalam kehidupan, seringkali kenyataan hidup yang pahitlah yang membuat orang punya impian yang indah.
Tetapi sesudahnya, kita harus memfokuskan pikiran, perhatian dan energi kita pada impian indah tersebut, bukan pada kenyataan hidup yang keras, agar impian itu segera menjadi kenyataan.
~  A braham-Hicks  ~

Karena itu, dalam membesarkan ketiga anak saya, saya menghindari mengucapkan kata-kata berikut dengan segala macam bentuk dan variasinya, kata-kata yang bisa mengikis bekal penting dan mentalitas sukses mereka: 
  • "Jangan banyak bermimpi."
  • "Lihat kenyataan."
  • "Sudahlah, tidak usah ingin yang macam-macam."
  • "Kau tidak mungkin bisa mendapatkan segalanya."
  • "Itu tidak mungkin."
  • "Kau harus dengarkan orangtua-mu, karena mereka tahu yang terbaik."
    (Benarkah? Tidak, kita orangtua tidak tahu yang terbaik. Kita tidak hidup di masa anak-anak kita nanti hidup dengan segala tantangannya yang jelas berbeda dari saat kita hidup ini. Kita hanya tahu apa yang dibentuk oleh kenyataan hidup kita saat ini. Dan kenyataan hidup anak-anak kita nanti, belum tentu sama, dan memang tidak harus sama dengan yang kita alami.
    Selanjutnya, baca bagaimana orangtua dan para orang dewasa di sekitar seorang anak bertanggung jawab akan terjadinya polusi "positive beliefs" anak tersebut. Polusi yang selanjutnya bertanggung jawab membentuk mentalitas miskin dan/atau mentalitas gagal dalam diri seorang anak, yang akhirnya menjebak mereka dalam kehidupan kelas bawah (mediocre).
    Dan Anda juga bisa menginspirasi diri dengan prinsip-prinsip pendidikan terbaik agar bisa menciptakan generasi sukses di Kumpulan Kata Mutiara tentang Pendidikan untuk Semua Orang Dewasa. Agar Anda tahu hal-hal yang harus diperhatikan ketika mendidik anak-anak di sekitar kita sehingga mereka bisa menikmati kesuksesan hidup di semua aspeknya.
    Yang juga tidak kalah pentingnya adalah mengetahui tanda bahaya adanya mentalitas negatif atau mentalitas miskin dalam diri kita.
    Dengan mengetahui 3 tanda bahaya adanya mentalitas miskin ini kita jadi bisa mengambil tindakan untuk mengubahnya.
    Mungkin memang terbentuknya mentalitas miskin yang menjebak kita dalam kemiskinan dan kegagalan berkepanjangan ini kesalahan orang tua kita dulu, tetapi bila kita sekarang tidak melakukan sesuatu untuk merubahnya, maka ini adalah kesalahan kita sendiri.
    Sebagaimana mentalitas miskin bisa dibentuk pelan tapi pasti, maka Anda juga bisa mendapatkan kembali mentalitas sukses dan kaya Anda, pelan tapi pasti.



    In a nutshell:

    It's not the events of our lives that shape us, but our beliefs as to what those events mean.
    Bukan kejadian-kejadian yang menimpa kita dalam hidup ini yang membentuk kita, tetapi apa yang kita percaya/yakini tentang arti dari kejadian tersebutlah yang membentuk kita.
    Misalnya, bila kita yakin bahwa "masalah hidup" identik dengan atau memiliki makna bahwa "kehidupan itu keras", maka setiap kali kita menghadapi masalah kita akan berpikir bahwa hidup itu keras.
    ~  A nthony Robbins  ~

    Jadi teruslah meyakini segala sesuatu yang positif dan mungkin, pembaca, kesuksesan Anda bermula dari sini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar