Indahnya setiap langkah dalam berbagi


Kamis, 15 Maret 2012

MELAWAN RASA PESIMISME



Tips Mengatasi Rasa Pesimisme
Setelah mengetahui bahwa dalam membangun rasa percaya diri diperlukan menjauhkan sejauh-jauhnya rasa pesimisme dalam diri sendiri, maka sekarang akan dibahas bagaimana cara mengatasi rasa pesimisme yang menghampiri.
Optimisme dan pesimisme sebagian besar dipengaruhi oleh sugesti. Seseorang sakit yang pergi ke dokter atau ke dukun mempunyai rasa optimis bahwa penyakitnya dapat disembuhkan oleh mereka. Obat apapun bahkan air putih sekalipun akan dapat membuat mereka merasa lebih baik. Ini karena rasa optimis yang tinggi dari pasien sehingga menghasilkan sugesti bahwa  apapun yang diberikan kepada mereka adalah obat yang akan menyembuhkan mereka.
Sedangkan orang yang merasa pesimis tidak dapat berenang, dapat tenggelam dalam air yang hanya setinggi 0,5 meter saja. Karena dalam dirinya tellah tertanam sugesti bahwa dia tidak bisa berenang dan dia akan mati tenggelam dan rasa pesimis bahwa sekuat apapun dia berusaha dia tidak akan selamat.
Di bawah ini merupakan 10 tips mengatasi pesimisme yang diberikan oleh Peter Lauster:
  1. Kalau anda semakin mengharapkan kegagalan maka semakin besar kemungkinannya anda ditimpa kegagalan sebagai akibat pengharapan anda yang negative. Oleh karena itu berpikirlah positif setiap saat
  2. Cobalah mencari sesuatu yang positif walaupun dalam kegiatan tidak menyenangkan.
  3. Cobalah menerima kegagalan dengan rasa humor
  4. Jangan memikirkan persoalan anda terlalu dalam. Jangan, walaupun dalam khayalan, memperlihatkan hasil yang negative, tapi arahkan semua kekuatan anda pada tindakan yang berhasil.
  5. Dalam situasi bagaimanapun juga cobalah mendapatkan sikap yang paling positif.
  6. Jangan menggunakan pesimisme anda sebagai penyangga untuk melindungi anda dari kekecewaanyang mungkin terjadi.
  7. Kalau anda gagal memecahkan persoalan jangan dihiraukan berapa banyak kesalahan anda, tapi carilah pemecahan yang benar yang telah anda lakukan dalam usaha memecahkan persoalan tersebut.
  8. Dalam waktu yang senggang cobalah anda menemui orang-orang yang optimis dan perhatikan tingkah laku mereka. Jika perlu belajarlah langsung dari orangnya.
  9. Selalu ingat bahwa pesimisme bukanlah sifat bawaan. Jadi seperti kebanyakan sifat manusia yang lain, pesimisme dapat dirubah dan dikurangi bahkan dihilangkan.
  10. Jika sikap optimis menyebabkan sukses, maka berilah penghargaan pada kenyataan bahwa karena optimismelah anda berhasil.
Semoga Berhasil...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar